-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Jenis Pembiayaan Modal Ventura dan Berbagai Macam Keuntungannya

| 17 Mei WIB

Jenis pembiayaan modal ventura saat ini menjadi salah satu trend di tengah tumbuhnya bisnis start up. Apa saja jenis dan keuntungannya yang membuat laju bisnis rintisan semakin berkembang?

Ide bisnis yang menguntungkan dan rencana bisnis yang baik sangat penting, tetapi tidak cukup untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Untuk memulai startup dan mulai merekrut individu berbakat, atau pindah ke kantor dan mulai bekerja, sebuah perusahaan membutuhkan modal tertentu.

Dan meskipun ada berbagai cara untuk mengumpulkan dana yang akan membantu kita memulai, salah satu metode yang paling menonjol adalah pembiayaan modal ventura.

Jenis pembiayaan modal ventura sendiri ada beberapa yang harus diketahui. Kali ini kita akan berikan informasi mengenai apa saja jenis pembiayaan modal ventura beserta keuntungannya.

Jangan lewatkan tulisan ini sampai akhir ya!

(Baca Juga: Modal Ventura, Pengertian dan Manfaatnya)

Jenis Pembiayaan Modal Ventura dan Berbagai Macam Keuntungannya

Modal ventura adalah jenis pembiayaan ekuitas swasta yang dikontribusikan oleh investor ke bisnis pemula dan usaha kecil yang menunjukkan potensi dan profitabilitas jangka panjang.

Modal ini biasanya disediakan oleh investor mapan, bank investasi, dan lembaga keuangan lainnya. Namun, tidak harus dalam bentuk uang saja walaupun hampir semuanya berbentuk uang kartal.

Dukungan ini juga dapat diberikan dalam bentuk keahlian teknis atau manajerial yang berguna untuk kemajuan usaha atau bisnis.

Sebelum membahas mengenai jenis pembiayaan modal ventura kita harus tahu kalau investasi modal ventura ini memiliki risiko yang tinggi.

Modal ventura biasanya dialokasikan ke perusahaan kecil dengan potensi pertumbuhan yang luar biasa atau ke perusahaan yang telah tumbuh dengan cepat dan memiliki peluang tinggi untuk berkembang lebih jauh.

Meskipun menginvestasikan dana ke bisnis yang belum sepenuhnya matang dapat berisiko, namun potensi pengembalian di atas rata-rata yang penting bagi investor.

Jenis pembiayaan modal ventura menjadi sangat populer bagi perusahaan baru yang memiliki riwayat operasi terbatas (di bawah dua tahun).

Bisnis ini melihat pembiayaan modal ventura sebagai metode pengumpulan dana yang baik, terutama jika mereka tidak memiliki akses ke pasar modal, pinjaman bank, atau instrumen utang lainnya.

Perlu dicatat bahwa investor hampir selalu mendapatkan ekuitas di perusahaan. Ini berarti mereka dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan perusahaan.

Jenis pembiayaan modal ventura bisa dibagi dalam 3 kondisi atau kelompok sudut pandang. Berikut penjelasannya.

Ketentuan Pemberian Bantuan

Bantuan yang diterima sebuah perusahaan dengan investor ini dibagi menjadi 2 bagian yakni manajemen dan bantuan finansial. Berikut penjelasan dua bantuan ini.

Single Tier Approach, ini adalah kumpulan dana perusahaan dan pengelolaan yang nantinya dana disertakan sebagai modal untuk perusahaan itu

Two Tier Approach, ini adalah modal yang dikelola oleh sebuah badan usaha seperti fund company atau lainnya

Cara Menghimpun Dana

Jenis pembiayaan modal ventura dilihat dari sudut pandang cara menghimpun dananya dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu:

  • Leverage Venture Capital: modal dikumpulkan dalam bentuk sebuah pinjaman dari banyak pihak untuk sebuah perusahaan
  • Equity Venture Capital: sumber dana didapatkan dari perusahaan modal ventura yang artinya ini merupakan pengumpulan secara pribadi

Berdasarkan Kepemilikan

Jenis pembiayaan modal ventura selanjutnya adalah dilihat dari kepemilikannya. Pengaruh dari kepemilikan ini bisa berpengaruh bagi perusahaan.

Berikut jenis pembiayaan modal ventura berdasarkan kepemilikannya:

  • Public Venture Capital: jenis pembiayaan modal ventura kepada perusahaan yang sudah menjual sahamnya di bursa efek atau sudah go public
  • Private Venture Capital: ini adalah pembiayaan untuk perusahaan yang privat atau belum go public sehingga belum menjual lembaran sahamnya di bursa efek
  • Conglomerate Venture Capital: ini adalah pembiayaan untuk perusahaan yang didirikan oleh beberapa jenis perusahaan lainnya
  • Bank Affiliate Venture: ini adalah pembiayaan untuk perusahaan yang dimiliki oleh pihak bank. biasanya bukan hanya dari satu bank saja tapi ada beberapa bank

Nah setelah mengetahui jenis pembiayaan modal ventura ini kita akan bahas mengenai keuntungan dari pembiayaan modal ventura.

Dari semua jenis pembiayaan modal ventura tentu memiliki keuntungan yang luar biasa bagi perusahaan-perusahaan penerima modal ventura. Berikut beberapa keuntungan dari pembiayaan modal ventura.

Pertama, modal ventura memberi calon perusahaan peluang untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki cukup dana untuk mengembangkan operasinya, tidak ada pertumbuhan signifikan yang dapat dicapai. 

Selanjutnya ada petunjuk. Seorang anggota dari firma modal ventura biasanya ditunjuk untuk menjadi tim manajemen dari perusahaan baru tersebut.

Ini memungkinkan keterlibatan aktif pemodal ventura dalam keputusan perusahaan. Karena pemodal ventura memiliki pengalaman dalam membangun dan memperluas perusahaan rintisan, keahlian dan bimbingan mereka sangat berguna.

Ini adalah peluang besar untuk berjejaring. Koneksi selalu bermanfaat bagi para pemula yang ingin tumbuh dan sukses dengan cepat.

Akhirnya, tidak ada kewajiban pembayaran kembali. Jika bisnis gagal, tidak ada kewajiban untuk membayar kembali investor pemodal ventura yang melakukan pembiayaan modal ventura, tidak seperti pinjaman bank.

Nah itulah dia penjelasan mengenai jenis pembiayaan modal ventura beserta keuntungannya yang mesti kita tahu. Jelas bahwa modal ventura adalah sumber yang bagus untuk startup dan bisnis kecil yang baru muncul.

Ini adalah peluang besar bagi seorang wirausahawan untuk mengembangkan bisnis mereka dan secara signifikan meningkatkan peluang sukses.

(Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana)

Jika tak mendapatkan tambahan modal dari modal ventura, kita juga bisa mengajukan KTA atau pinjaman dana tunai dari lembaga keuangan resmi seperti bank.

Misalnya saja mengajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com yang sudah bekerja sama dengan berbagai lembaga keuangan perbankan yang mencoba menawarkan dana tunai pada masyarakat dengan bunga yang ringan.

Selain itu, tak mewajibkan menyertakan agunan, dan prosesnya terbilang cepat menjadi salah satu keunggulan pinjaman dana tunai ini.

Jadi untuk tambahan modal mendirikan dan menjalankan perusahaan, tentu saja pinjaman dana tunai sangat membantu perusahaan rintisan. Dan pengajuan melalui CekAja.com dapat dilakukan secara online.

Tahapan mendaftar melalui CekAja.com dan setelah syarat pengajuan pinjaman dana tunai yang diperlukan telah lengkap, kemudian pihak bank akan melakukan proses verifikasi dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Pertimbangan ini didasarkan pada kemampuan finiansial pemohon. Tujuannya untuk menghindari kredit macet si pemohon tersebut.

Jadi, apalagi yang membuat ragu? Semua proses di CekAja.com aman dan diawasi oleh BI dan juga OJK, tak perlu ragu lagi mengajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com.



source https://www.cekaja.com/info/jenis-pembiayaan-modal-ventura
×
Berita Terbaru Update
close