-->

Notification

×

Iklan

Iklan

6 Olahraga yang Baik untuk Penderita Kanker

| 29 Juli WIB

Tahukah kamu? Ternyata ada beberapa olahraga yang baik untuk penderita kanker lho. Penyakit kanker itu sendiri memang termasuk salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia.

Olahraga yang Baik untuk Penderita Kanker

Dimana umumnya, penyakit ini juga seringkali memberikan batasan kepada para penderitanya untuk bergerak, akibat gejala-gejala yang mereka rasakan.

Padahal sebenarnya, pasien kanker bukan berarti harus berbaring di tempat tidur saja sepanjang hari. Sebab, ada beberapa jenis olahraga yang dinilai mampu mengurangi gejala dan menjaga kondisi secara keseluruhan.

(Baca Juga: 6 Olahraga yang Aman untuk Penyakit Jantung)

Meski begitu, memang tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan. Sebaliknya, pasien kanker tetap harus berkonsultasi kepada dokter mengenai jenis olahraga apa saja yang baik untuk mereka.

Nah, di dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang olahraga yang baik untuk penderita kanker beserta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan lainnya. Yuk disimak bersama!

Olahraga yang Baik untuk Penderita Kanker

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, beberapa olahraga yang baik untuk penderita kanker, yaitu adalah:

1. Aerobik

Olahraga yang baik untuk penderita kanker pertama adalah aerobik. Selain bisa membantu dalam melatih otot, ternyata aerobik itu sendiri juga sangat bermanfaat untuk melatih pernapasan, hingga meningkatkan detak jantung.

Apalagi jika dilakukan secara rutin, olahraga ini juga bisa turut menjaga daya tahan tubuh. Ada beberapa jenis latihan aerobik yang bisa dijadikan pilihan, seperti jogging, lari, berenang, jalan santai, bersepeda, menari, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, melakukan latihan aerobik nyatanya juga bisa membuat tidur menjadi lebih berkualitas dan mengurangi stress lho.

Dilansir dari situs klikdokter.com, aerobik juga bisa membangun kebugaran kardiovaskular, yang berpotensi untuk menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan diabetes.

2. Bersepeda

Olahraga yang baik untuk penderita kanker selanjutnya adalah bersepeda. Dilansir dari hellosehat.com, bersepeda bisa bermanfaat dalam mengurangi efek samping dari pengobatan untuk pasien kanker yang sedang dalam masa pemulihan.

Selain itu, bersepeda itu sendiri juga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan lho.

Bukan hanya untuk pasien kanker, sebuah studi terbitan Journal of American Medical Association juga menunjukan bahwa memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit kanker paru-paru dan kanker kolorektal.

3. Mendaki Gunung

Tahukah kamu? Ternyata, mendaki gunung juga termasuk ke dalam salah satu olahraga yang baik untuk penderita kanker.

Dilansir dari situs pikiran-rakyat.com, beberapa penelitian menunjukan bahwa mendaki gunung bisa bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung dan membantu pemulihan untuk pasien kanker.

Tak hanya itu, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Sport Medicine, menunjukan bahwa jarak tempuh trackking ketika mendaki gunung ternyata juga bisa meningkatkan kapasitas antioksidan untuk membantu dalam melawan penyakit dalam darah pasien onkologi.

Masih dilansir dari situs yang sama, mengungkapkan bahwa olahraga mendaki gunung dipercaya merupakan salah satu aktivitas fisik yang bisa membantu pemulihan untuk pasien kanker.

4. Latihan Keseimbangan

Olahraga yang baik untuk penderita kanker selanjutnya adalah olahraga yang membutuhkan latihan keseimbangan, seperti berjalan di jalur yang sempit, meletakkan satu kaki di depan kaki lainnya layaknya berjalan di atas tali, serta berdiri dengan satu kaki.

Beberapa jenis obat kanker bisa memberikan pengaruh terhadap keseimbangan tubuh, dan olahraga latihan keseimbangan ternyata bisa membantu mengurangi risiko jatuhnya pasien kanker.

Selain itu, pasien kanker yang tengah menjalankan kemoterapi juga lebih berisiko terkena osteoporosis yang diakibatkan oleh kepadatan tulang yang terus berkurang.

Sehingga, apabila terjatuh, maka risiko tulang retak sangatlah besar dan bisa terjadi kapan saja. Maka dari itulah, latihan keseimbangan bisa dijadikan sebagai salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan.

5. Yoga

Olahraga yang baik untuk penderita kanker selanjutnya adalah yoga. Dilansir dari situs fimela.com, gerakan yoga yang halus dan tidak menghentak-hentak dipercaya merupakan salah satu cara terbaik untuk membiasakan kembali otot-otot yang tidak digunakan selama pengobatan tanpa harus membuat kelelahan.

Selain itu, di dalam latihan yoga juga terdapat banyak latihan pernapasan yang sangat baik dalam memberikan asupan oksigen ke dalam tubuh, mempermudah tubuh untuk membuang zat sisa yang tidak diperlukan, serta memperlancar aliran darah.

Melakukan yoga dipercaya bisa memberikan efek positif untuk menenangkan pikiran, relaksasi, dan pelepas stress, yang sangat baik dilakukan untuk pasien kanker, terutama untuk pemulihan penderita kanker payudara.

6. Perenggangan Tubuh

Nah, olahraga yang baik untuk penderita kanker yang terakhir akan kita bahas adalah, olahraga perenggangan tubuh.

Dikutip dari sehatq.com, umumnya latihan perenggangan ini dianjurkan untuk dilakukan bagi pasien kanker yang telah menjalani operasi.

Misalkan, seperti pasien kanker payudara yang telah melewati prosedur operasi biasanya akan merasa lemah di sekitar area bahunya.

Latihan perenggangan pada area yang telah mendapatkan tindakan operasi tersebut ternyata bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan gerakan tangan lho, yang terganggu karena efek operasi.

Tips Memilih Olahraga yang Baik untuk Penderita Kanker

Setelah membahas tentang beberapa olahraga yang baik untuk penderita kanker, sekarang kita akan turut membahas tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih olahraganya itu sendiri.

Nah, dilansir dari situs siloamhospitals.com, berikut beberapa tips untuk memilih olahraga yang baik untuk penderita kanker, yaitu adalah:

  • Pilihlah Jenis Olahraga dengan Intensitas Ringan

Tips memilih olahraga yang baik untuk penderita kanker yang pertama adalah, pilihlah jenis olahraga yang memiliki intensitas ringan atau tidak terlalu berat jika dilakukan untuk pasien kanker.

Melakukan olahraga ringan secara teratur dipercaya bisa meningkatkan kekuatan otot serta kelenturan sendi yang seringkali terganggu akibat operasi atau efek terapi untuk pemulihan.

  • Selalu Perhatikan Durasi Olahraga

Selain memilih olahraga yang baik untuk penderita kanker dengan intensitas ringan, tips selanjutnya adalah untuk selalu memperhatikan durasi olahraga.

Ketahuilah kekutan fisik dan kondisi kesehatan diri sendiri. Apabila berolahraga selama 30 menit dianggap tidak kuat, maka jangan pula dipaksakan.

  • Konsultasikan dengan Dokter Terlebih Dahulu

Jika kamu masih ragu untuk untuk memilih jenis olahraga yang baik dilakukan, maka alangkah baiknya jika konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Umumnya, dokter akan memberikan saran terhadap jenis olahraga, durasi, hingga frekuensi yang baik untuk dilakukan.

Manfaat Olahraga untuk Penderita kanker

Hal terakhir yang akan kita bahas di dalam kesempatan kali ini dan perlu kamu ketahui adalah, manfaat olahraga untuk penderita kanker itu sendiri.

Dilansir dari situs hellosehat.com, berikut beberapa manfaat olahraga untuk penderita kanker, yaitu adalah:

  • Mengurangi Stress dan Membuat Suasana Hati Menjadi Lebih Bahagia

Manfaat melakukan olahraga yang baik untuk penderita kanker yang pertama adalah, bisa membantu dalam mengurangi stress sekaligus membuat suasana hati menjadi lebih bahagia.

Biasanya, penderita kanker akan memiliki rasa takut dan kecemasan perihal penyakit yang dideritanya.

Nah, pikiran negatif yang sering muncul inilah yang berpotensi untuk menimbulkan stress hingga emosi yang tidak stabil.

Akan tetapi, dengan melakukan olahraga yang baik untuk penderita kanker, maka secara perlahan pikiran akan rasa takut dan kecemasan akan bisa teralihkan secara perlahan.

Selain itu, melakukan olahraga ringan secara rutin juga bisa menjadi stimulasi atau perangsang motivasi yang baik, sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan menjauhkan diri dari berbagai pikiran negatif.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat penderita kanker ketika melakukan olahraga ringan adalah, dapat membantu dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Sebagia besar penderita kanker umumnya memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah, yang diakibatkan dari efek pengobatan untuk pemulihan.

Nah, salah satu solusi untuk bisa meningkatkan imunitas tubuh itu adalah dengan melakukan olahraga yang baik untuk penderita kanker.

Hal ini juga bisa dibuktikan dari hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa seseorang yang pernah menderita penyakit kanker payudara mampu bertahan dari berbagai penyakit karena rutin melakukan olahraga.

Jadi, itulah beberapa olahraga yang baik untuk penderita kanker beserta hal-hal lainnya yang perlu diketahui.

Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan di CekAja

Tahukah kamu? Saat ini sudah banyak produk asuransi kesehatan yang dapat menangggung penyakit kritis seperti kanker.

Akan tetapi, biasanya produk asuransi ini hanya bisa menanggung penyakit dengan diagnosa pertama kali, seperti yang dimiliki oleh asuransi PFI Megalife.

Sedangkan kebanyakan penyakit kritis, memang umumnya akan lebih mudah ditangani ketika baru masih dalam tahap diagnosa dini atau belum terlalu parah.

Maka dari itu, apabila kamu memiliki beberapa gejala atau keluhan ringan, jangan dianggap sepele. Segera lakukan medical check up sebelum terlambat.

Nah, agar lebih terasa nyaman dan aman, miliki juga asuransi kesehatan sebagai bentuk pencegahan lainnya.

(Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung)

Sebab, melalui asuransi kesehatan, kamu setidaknya bisa lebih meminimalisir pengeluaran untuk biaya rumah sakit yang tergolong mahal.

Saat ini, sudah banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan. Dan melalui CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan dengan begitu mudah untuk memilih jenis asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tak hanya itu, di CekAja, kamu bahkan juga bisa langsung mengajukan produk asuransi yang sudah dipilih dimanapun dan kapanpun.

Sebab, seluruh proses pengajuan akan dilakukan secara online, sehingga kamu tak perlu lagi repot untuk meluangkan waktu ke luar rumah.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera lindungi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi kesehatan terbaik di CekAja.com!



source https://www.cekaja.com/info/olahraga-yang-baik-untuk-penderita-kanker
×
Berita Terbaru Update
close