-->

Notification

×

Iklan

Iklan

7 Tips Merawat Anjing Samoyed di Daerah Tropis, Kamu Sudah Tahu?

| 30 Juli WIB

Mengetahui tips merawat anjing Samoyed penting loh, terutama buat kamu yang berencana mengadopsi anjing tersebut di rumah. Pasalnya, anjing asal Siberia, Rusia ini memiliki bulu yang lebat, sehingga tidak bisa dirawat sembarangan.

7 Tips Merawat Anjing Samoyed di Daerah Tropis, Kamu Sudah Tahu?

Meski begitu, perawatan anjing Samoyed tidak serumit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu melakukan perawatan, sesuai dengan tips merawat anjing Samoyed yang ada.

Namun bagaimana, jika kamu belum mengetahui apa saja tips merawat anjing Samoyed? Jangan khawatir, sebab di artikel ini CekAja akan memberikan sejumlah tips merawat anjing Samoyed, yang akan diulas lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Seputar Anjing Samoyed

Sebelum kamu tahu lebih jauh tentang tips merawat anjing Samoyed, hal pertama yang perlu kamu ketahui lebih dulu, yaitu informasi dasar seputar anjing Samoyed itu sendiri.

Jadi, anjing Samoyed adalah anjing yang berasal dari Siberia, Rusia. Nama Samoyed ini, merupakan nama salah satu suku yang mengembangbiakkan anjing ini, yaitu suku Samoyed.

Nah, anjing Samoyed juga merupakan salah satu jenis anjing, yang masuk ke dalam 14 daftar anjing ras paling murni di dunia.

Hal itu tak lain karena, anjing ini memiliki tampilan visual yang sangat cantik, dengan bulunya yang berwarna putih tebal dan bersih.

Selain itu, jika dilihat sekilas, anjing ini juga tampak seperti serigala. Sebab, anjing Samoyed memiliki postur tubuh yang kokoh dan gagah, dengan bentuk ekor melengkung naik ke punggung.

Menariknya, corak mulut dan bentuk bibir anjing Samoyed yang melengkung ke atas ini, memberikan kesan layaknya sedang tersenyum.

Maka dari itu, anjing ini dikenal sebagai anjing yang ramah, karena dianggap sering tersenyum. Apalagi, anjing ini juga sering mendapat julukan sebagai anjing tersenyum.

(Baca Juga: Tips Memilih Anjing Peliharaan untuk Pemula)

Ciri-ciri Anjing Samoyed

Untuk bisa melakukan tips merawat anjing Samoyed dengan benar, tentunya kamu harus tahu dulu bagaimana ciri-ciri dari anjing satu ini.

Pasalnya, ada beberapa anjing yang juga memiliki tampilan visual menyerupai anjing Samoyed, contohnya yaitu anjing Siberian Husky.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir risiko salah melakukan perawatan, di bawah ini CekAja akan memberikan beberapa ciri-ciri dari anjing Samoyed, yang di antaranya yaitu:

  • Memiliki dua lapisan bulu dengan fungsi berbeda, yaitu bulu tebal untuk membantu menghangatkan di suhu dingin, dan bulu panjang yang memiliki fungsi sebagai anti air, menjadi peneduh dan membantu mengusir kotoran yang menempel.
  • Memiliki bentuk telinga seperti serigala, yaitu berbentuk segitiga dan selalu berdiri
  • Memiliki bola mata yang berwarna gelap, namun sangat jernih dan cantik dengan garis hitam yang tegas
  • Memiliki ekor yang melengkung ke arah belakang punggung
  • Memiliki postur tubuh yang kokoh dan gagah
  • Memiliki bentuk mulut yang melengkung ke atas
  • Memiliki berat rata-rata 20 – 32,5 kg untuk jenis kelamin jantan, dan 17 – 25 kg untuk jenis kelamin betina.

7 Tips Merawat Anjing Samoyed

Setelah mengetahui beberapa informasi seputar anjing Samoyed, ini saatnya untuk kamu mengetahui sejumlah tips merawat anjing Samoyed, seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Dalam merawat anjing Samoyed ini, hal-hal yang perlu dilakukan sebenarnya tidak rumit. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, di antaranya tercantum dalam tips merawat anjing Samoyed, yaitu:

1. Mengecek riwayat kesehatan

Tips merawat anjing Samoyed yang pertama, yaitu mengecek riwayat kesehatan. Ini merupakan hal yang penting dilakukan, terutama setelah kamu mengadopsi anjing.

Sebab, ada beberapa anjing Samoyed yang ternyata memiliki penyakit genetik, seperti misalnya penyakit glaucoma, patellar luxation, hip dysplasia, cancer, diabetes melitus, hingga hypothyroidism.

Maka dari itu, untuk mencegah risiko terjadinya penyakit tersebut, kamu wajib membawa anjing Samoyed ke dokter, untuk melakukan pengecekan riwayat kesehatan.

2. Rutin memandikan anjing Samoyed

Selain mengecek riwayat kesehatan, kamu juga harus rutin memandikan anjing Samoyed. Ini merupakan tips merawat anjing Samoyed yang tak boleh dilewatkan, karena memandikannya secara rutin, dapat mencegah risiko terinfeksi berbagai jenis penyakit.

Kamu bisa memandikan anjing Samoyed sebanyak satu kali dalam dua minggu, menggunakan sampo whitening.

Kemudian setelah mandi, kamu juga harus mengeringkan rambutnya dengan baik sampai benar-benar kering, agar kulit tidak merah-merah dan mudah sakit.

3. Rutin menyisir dan menyikat rambut anjing Samoyed

Selanjutnya, kamu juga harus rutin menyisir dan menyikat rambut anjing Samoyed, setidaknya dua kali dalam satu minggu.

Tips merawat anjing Samoyed ini, tentunya tidak diberikan begitu saja, karena berguna untuk menjaga kondisi rambut agar selalu bersih, tidak menggumpal dan mengeras.

Karena jika sudah begitu, maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, yaitu dengan mengguntingnya.

Nah, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kamu perlu rutin menyisir dan menyikat rambut anjing Samoyed.

Kemudian, kamu juga harus mengelap rambutnya satu minggu sekali menggunakan tisu bayi. Hal itu karena, tisu bayi dikenal mampu memutihkan rambut.

Di samping perawatan rambut dan kulit, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan kuku, gigi dan telinga. Untuk perawatan kuku sendiri, usahakan selalu memotongnya sampai pendek, untuk mencegah risiko ia melukai badannya sendiri.

4. Rutin memberikan minum

Memberikan minum secara rutin, nyatanya juga menjadi salah satu tips merawat anjing Samoyed, loh! Sebab, anjing Samoyed yang tinggal di daerah tropis, akan lebih banyak menguras cadangan air di dalam tubuhnya, akibat suhu yang panas.

Mengingat, anjing Samoyed ini berasal dari Siberia, Rusia, yang pada dasarnya hidup di wilayah yang dingin.

Sehingga, ketika anjing ini tinggal di daerah yang tropis, ia harus mendapat banyak asupan minum, untuk bisa bertahan hidup. Karena jika sampai kekurangan air, anjing Samoyed bisa terserang heat stroke yang membuatnya mati mendadak.

5. Rutin memberikan perawatan rambut anjing Samoyed

Di urutan kelima ada rutin memberikan perawatan rambut anjing Samoyed. Maksudnya begini, kamu perlu memberikan minyak jagung secara rutin, atau minyak ikan yang mengandung omega 3 dan 6, untuk menjaga kesehatan dan ketebalan rambutnya.

Caranya bagaimana? tentu sangat mudah. Apabila bentuk minyak tersebut cair, kamu bisa langsung mencampurnya dengan makanannya.

Namun apabila bentuknya kapsul, maka kamu bisa memberinya langsung ke anjing Samoyed, atau dicekokan.

6. Hindari aktivitas bermain di aspal

Selain melakukan lima tips merawat anjing Samoyed di atas, kamu juga perlu menghindari anjing untuk beraktivitas di aspal.

Karena, bermain-main di aspal dapat meningkatkan risiko tubuhnya jatuh ke aspal dan terluka. Apalagi, anjing Samoyed ini adalah anjing yang sangat aktif.

Hewan tersebut sangat senang bermain dan melompat. Sehingga jika diajak bermain di aspal, ia bisa saja melompat tinggi sekuat tenaga, dan kemungkinan besar akan jatuh menghantam aspal.

Daripada mengambil risiko yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu mengajak anjing Samoyed untuk bermain di tanah yang berumput, agar lebih aman.

7. Selalu memperhatikan suhu

Tips merawat anjing Samoyed yang terakhir, yaitu selalu memperhatikan suhu lingkungan, baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Untuk di dalam ruangan sendiri, kamu tetap menyalakan AC agar anjing Samoyed selalu merasa nyaman, meskipun cuaca di luar ruangan sedang panas.

Sementara untuk di luar ruangan sendiri, kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk beraktivitas. Seperti misalnya pagi atau sore menjelang malam, untuk menghindari cuaca panas yang di siang hari.

Daftar Kisaran Harga Anjing Samoyed

Dari beberapa informasi yang sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, termasuk tips merawat anjing Samoyed, kamu mungkin tertarik untuk memiliki anjing satu ini.

Namun sebelum itu, kamu harus tahu dulu berapa harga yang ditawarkan untuk satu ekor anjing Samoyed. Pasalnya, harga yang ditawarkan berbeda-beda, sesuai dengan kondisi, usia dan jenis kelaminnya.

Jika ingin tahu daftar kisaran harga anjing Samoyed dengan lengkap, yuk simak bersama-sama uraiannya berikut ini.

  • Kisaran harga anjing Samoyed Puppy Betina, Rp6,5 juta
  • Kisaran harga anjing Samoyed Jantan Stambum, Rp7 juta
  • Kisaran harga anjing Samoyed Puppy Stambum, Rp7 juta
  • Kisaran harga anjing Samoyed Jantan Indukan, Rp5,5 juta
  • Kisaran harga anjing Samoyed Betina Indukan, Rp7 juta.

(Baca Juga: Daftar Hewan yang Terancam Punah di Indonesia)

Dari semua daftar harga tersebut bisa dilihat, kalau biaya yang dibutuhkan untuk memiliki satu ekor anjing Samoyed cukup mahal. Belum lagi jika dihitung biaya perawatan dan lain sebagainya, maka dana yang harus kamu persiapkan cukup banyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, sepertinya kamu perlu menabung, agar bisa mencukupi berbagai kebutuhannya.

Nah di era digital ini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah, termasuk membuka rekening tabungan. Yang mana, pengajuan pembuatan tabungan ini bisa dilakukan secara online, salah satunya melalui situs CekAja.com.

Di sana, proses pengajuannya berlangsung sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!



source https://www.cekaja.com/info/tips-merawat-anjing-samoyed
×
Berita Terbaru Update
close