-->

Notification

×

Iklan

Iklan

13 Hewan Paling Aneh di Dunia, Serem tapi Unik

| 04 Agustus WIB

Kucing, anjing, mungkin sudah mainstream. Tapi, pernah gak kamu tertarik untuk memelihara hewan paling aneh di dunia? Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu, yuk simak infonya di bawah ini.

13 Hewan Paling Aneh di Dunia, Serem tapi Unik

Spesies hewan di muka bumi ini ternyata beragam. Bahkan, enggak hanya menjadi tempat tinggal bagi hewan-hewan lucu yang sering kita jumpai saja.

Namun lebih dari itu, banyak pula hewan paling aneh di dunia yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan bentuknya.

Bahkan, habitat mereka pun rata-rata sulit dijangkau oleh manusia dan sebagian spesiesnya hampir terancam punah.

Jika kamu penasaran mengenai ‘bentukan’ hewan-hewan paling aneh di dunia, yuk langsung simak saja informasi yang telah CekAja rangkum dari berbagai sumber, berikut ini.

Daftar Hewan Paling Aneh di Dunia

1. Atretochoana eiselti

Eitss, jangan salfok sama hewan yang satu ini ya. Bernama latin Atretochoana eiselti, hewan paling aneh di dunia ini memang punya bentuk yang tak biasa.

Ia sering dijuluki sebagai hewan amfibi dengan bentuk yang menyerupai alat vital pria. Hewan ini pertama kali ditemukan pada tahun 2011 silam di Madeira River, Brazil.

Habitat aslinya di sepanjang aliran sungai Amazon. Menurut para ahli, Atretochoana eiselti punya ukuran tubuh kira-kira sepanjang 30 inci dan lebih dekat dalam kaetgori keluarga Potomotyphlus.

2. Blobfish

Hewan paling aneh di dunia yang kedua adalah Blobfish. Hewan ini dijuluki ikan buruk rupa karena wajahnya yang tampak aneh. Dilihat dari fisiknya, ikan laut ini sangat lembek selayaknya jelly.

Tidak ada yang tahu pasti kemunculan Blobfish. Namun persisnya, hewan ini pertama kali dikenal di seluruh dunia sejak 2003 silam.

Di tahun tersebut, seekor Blobfish pertama berhasil diangkat ke daratan oleh salah satu ekspedisi, yaitu NORFANZ di perairan Selandia Baru.

Saat ditemukan, hewan ini ternyata memiliki sejumlah parasit menyerupai ingus di bagian sudut mulutnya.

(Baca Juga: 7 Hewan Paling Banyak Dipelihara di Dunia)

3. Thorny Devil

Beralih dari hewan amfibi dan hewan laut, berikutnya yang CekAja ingin perkenalkan pada kamu serta pembaca lainnya adalah Thorny Devil atau disebut pula kadal berduri.

Salah satu dari spesies hewan paling aneh di dunia ini, masuk dalam kelas reptilia dengan nama ilmiah Moloch horridus.

Seluruh tubuhnya dipenuhi duri tajam berwarna kecokelatan dengan ukuran tubuh kurang lebih mencapai 20 cm.

Habitat aslinya berada di gurun atau semak belukar kering yang bisa kamu temukan di sebagian besar wilayah Australia.

4. Aye-aye

Hewan paling aneh di dunia yang selanjutnya adalah Aye-aye. Primata yang hidup di Pulau Madagaskar ini termasuk hewan nokturnal yang aktif di malam hari dengan menjelajahi hutan.

Bentuk fisiknya dikatakan yang paling aneh, karena perpaduan dari berbagai spesies hewan. Wajahnya menyerupai posum, sementara giginya seperti gigi tikus dan telinga menyerupai kelelawar.

Konon, menurut cerita yang beredar di masyarakat Pulau Madagaskar, Aye-aye identik dengan hal-hal buruk, bahkan dianggap sebagai hewan pembawa nasib sial.

5. Honeypot Ant

Semut pada umumnya memiliki ukuran yang kecil dengan perut relatif sesuai dengan ukurannya. Tapi, pernah enggak kamu melihat spesies Honeypot Ant atau semut madu?

Ya, semut ini dijuluki pula hewan paling aneh di dunia karena perutnya dapat diisi dan mengembang.

Lebih mengejutkan lagi, cairan yang terdapat dalam perut semut ini ternyata berwarna kuning manis selayaknya madu lho.

Nah rupanya, cairan tersebut digunakan sebagai persediaan makanan kala spesiesnya berada dalam kondisi darurat seperti stok makanan di alam menipis.

6. Kumbang Jerapah

Hewan paling aneh di dunia lainnya adalah Kumbang Jerapah. Hewan ini hidup dan bertempat tinggal di wilayah Madagaskar.

Dikatakan Kumbang Jerapah, karena bentuk lehernya yang amat panjang, kurang lebih 2,5 cm. leher yang panjang itu ternyata punya fungsi yang amat penting bagi kumbang jantan maupun betina.

Bagi seekor kumbang jantan, leher yang panjang ini dapat digunakan untuk merebut atau bahkan berkelahi agar bisa memiliki seekor kumbang betina.

Sementara bagi kumbang betina, leher panjang yang dimiliki ini berfungsi untuk membangun sarang.

7. Naked Mole Rat

Tikus mol telanjang atau disebut pula Naked Mole Rat adalah satu dantara banyaknya spesies hewan paling aneh di dunia.

Keanehannya terlihat dari bentuk fisiknya yang keriput dan tanpa bulu, serta memiliki dua gigi tajam yang menonjol kedepan. Hewan ini banyak ditemukan di Afrika Timur, tepatnya di kawasan padang pasir.

Meski terlihat tak biasa, tapi siapa sangka kalau Naked Mole Rat kebal terhadap rasa sakit lho. Khususnya pada spesies yang sudah dewasa.

Itu terbukti dari sebuah penelitian yang sempat dilakukan di tahun 2008, di mana Naked Mole Rat dewasa dioleskan cairan asam pada kulitnya namun tidak mengalami reaksi kesakitan sama sekali.

8. Star Nosed Mole

Menghuni daerah dataran rendah di kawasan Amerika Utara, salah satu hewan paling aneh di dunia ini dikenal dengan sebutan Star Nosed Mole.

Hewan ini punya bentuk fisik yang bisa dibilang sangat aneh. Bagian hidungnya tampak bebentuk bintang dengan dikelilingi 22 tentakel yang berfungsi untuk memburu mangsa dan sebagai indera penciuman.

Rata-rata, bobot badannya kurang dari 50 gr dengan ukuran sekitar 6-8 inci untuk kategori Star Nosed Mole dewasa.

(Baca Juga: 10 Hewan dengan Usia Terpendek dan Terpanjang di Dunia)

9. Venezuelan Poodle Moth

Hewan paling aneh di dunia yang pertama kali ditemukan pada 2009 silam oleh salah seorang zoologi, Dr. Arthur Anker, ialah Venezuelan Poodle Moth.

Ngengat pudel yang menghuni wilayah Gran Sabana, Venezuela ini masuk dalam spesies serangga yang bisa terbang dengan bulu tebal menyerupai anjing pudel.

Hewan ini masuk dalam ordo Lepidoptera dan diketahui merupakan spesies baru yang keberadaannya cukup langka di muka bumi.

10. Lamprey

Hewan paling aneh di dunia ini termasuk dalam spesies vertebrata primitive. Ia menghuni kawasan Samudera Atlantik Utara dan Barat.

Lamprey hidup di air tawar dengan bentuk tubuh silinder berukuran kurang lebih 15 hingga 100 cm.

Hewan ini sering dijuluki sebagai ‘vampir laut’ karena untuk memangsa ikan, ia akan menempelkan mulutnya yang dipenuhi duri itu ke tubuh mangsa, lalu menghisap darahnya.

11. Glass Frog

Katak bertubuh tembus pandang? Ternyata ada lho! Katak ini disebut glass frog atau dalam istilah ilmiahnya yaitu Hyalinobatrachium.

Katak ini mempunyai tubuh yang benar-benar transparan, dimana kamu bisa melihat dengan jelas seluruh organ dalam tubuh hewan tersebut.

Uniknya lagi, katak ini berwarna hijau tua dengan bintik yang jelas sekali terlihat di hampir seluruh tubuhnya. Ukurannya juga tergolong mini, hanya sekitar 2 hingga 7,5 cm saja.

Hewan paling aneh di dunia ini juga punya cara perkembang biakan yang tak lumrah. Ya, saat musim kawin tiba, katak jantan akan menarik si betina yang berada di bawah daun.

Kemudian, si katak jantan lah juga yang akan merawat telur-telur hasil perkawinannya hingga meretas.

12. Jerboa

Hewan paling aneh di dunia selanjutnya datang dari spesies yang masuk dalam kategori Dipodidae. Hewan ini banyak ditemukan di wilayah gurun seperti Arab, Afrika Utara, hingga Asia Timur.

Bernama Jeboa, hewan yang kerap dianggap memiliki paduan fisik antara tikus dan kangguru ini, termasuk omnivora, karena dapat memakan tanaman maupun serangga kecil.

13. Grimpoteuthis

Hewan paling aneh di dunia yang terakhir adalah Grimpoteuthis atau identik dengan nama Dumbo Octopus.

Hewan in bergerak lambat dengan kaki-kaki yang terbuka selayaknya payung saat berenang di dalam lautan. Total spesiesnya sendiri kurang lebih 13 jenis dan rata-rata hidup di kedalaman 3000 meter.

Untuk ukuran tubuh, gurita dumbo ini kebanyakan memiliki panjang tubuh sekitar 20 hingga 30 cm dengan berat kurang lebih 5,9 kg, atau menyesuaikan dengan panjang tubuh dari hewan tersebut.

Cari Informasi Menarik Lainnya?

Itu dia beberapa hewan paling aneh di dunia yang tentunya belum pernah kita jumpai. Nah, informasi menarik lainnya yang serupa dengan ulasan di atas, atau bahkan mengenai gaya hidup hingga produk finansial, dapat kamu akses lewat CekAja.com.

Di CekAja pula kamu dapat mengajukan produk pinjaman, maupun kartu kredit dan asuransi dari mitra terbaik yang pasti sudah terdaftar OJK.

Seluruh pengajuan produk finansial di CekAja sudah pasti aman dan tentunya praktis karena dilakukan secara online.

Kalau saat ini yang tengah kamu cari adalah kartu kredit, yuk bisa langsung apply dengan klik tabel pengajuan di bawah ini.



source https://www.cekaja.com/info/hewan-paling-aneh-di-dunia
×
Berita Terbaru Update
close