-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi di Mall, Wajib Diketahui Masyarakat!

| 13 September WIB

Diantara kamu sudahkah tahu cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di Mall? Aplikasi ini jadi syarat wajib untuk masuk ke fasilitas publik lho, tak hanya pusat perbelanjaan saja. Cek yuk!

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi di Mall, Wajib Diketahui Masyarakat!

Sekilas Tentang Aplikasi PeduliLindungi

Belakangan, nama aplikasi PeduliLindungi memang tengah ramai di masyarakat. Aplikasi ini dikembangkan oleh beberapa lembaga pemerintahan, seperti Kemenkominfo, Kemenkes, BNPB, serta Kementerian BUMN.

Penggunaannya sendiri ditujukan untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19 di Tanah Air. Melalui laman resminya, aplikasi PeduliLindungi ini sejatinya mengandalkan partisipasi masyarakat yang berada di muka umum.

Dengan begitu, informasi seputar lokasi tiap individu yang terdeteksi di aplikasi PeduliLindungi akan tersimpan, dan dapat ditelusuri riwayat kontaknya jika sempat kontak langsung dengan penderita Covid-19.

Tak hanya itu saja, melalui aplikasi tersebut pula, tiap pengguna nantinya bisa menerima notifikasi bila ternyata berada di ruang publik yang over kapasitas atau bahkan berada di zona merah.

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Tentunya cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di Mall memiliki keterkaitan yang erat dengan cara kerja aplikasi tersebut.

Betapa tidak, pada saat kamu mengunduh aplikasinya, otomatis sistem akan langsung meminta persetujuan untuk mengaktifkan GPS atau data lokasi kamu saat itu pula.

Ketika data lokasi aktif, secara berkala aplikasi PeduliLindungi akan langsung melakukan identifikasi, serta memberikan informasi real-time seputar keramaian dan zonasi penyebaran virus Covid-19.

Dari hasil tracing itulah, pemerintah juga akan lebih mudah untuk mengetahui siapa saja yang perlu mendapat penanganan medis lebih lanjut, guna menekan laju penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

(Baca Juga: 9 Syarat Naik Pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 Terbaru)

Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Masuk Fasilitas Publik dan Transportasi

Sejak Agustus 2021 lalu, aplikasi PeduliLindungi telah menjadi syarat wajib untuk berbagai aktivitas yang dilakukan masyarakat, terutama di ranah publik.

Aplikasi ini semakin dimasifkan pemakaiannya guna menurunkan tingkat penyebaran virus Corona.

Melansir Tempo, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021, berikut ini kegunaan aplikasi PeduliLindungi yang dijadikan syarat utama masuk fasilitas publik ataupun trasportasi:

  • Skrining masuk keluar supermarket dan hipermarket
  • Skrining masuk keluar restoran, rumah makan, ataupun café
  • Skrining masuk tempat wisata
  • Skrining masuk fasilitas olahraga
  • Skrining di seluruh moda transportasi, baik darat, laut, udara, hingga kereta api
  • Skrining masuk mall

Syarat Masuk Mall dengan Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Salah satu fasilitas umum yang mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan sertifikat vaksin adalah mall.

Di pusat perbelanjaan modern ini, tiap orang wajib menyertakan bukti vaksinasi minimal dosis satu yang dapat dilihat dari aplikasi PeduliLindungi.

Bukan cuma itu saja, pengunjung mall juga wajib mematuhi sederet peraturan yang berlaku, diantaranya:

  • Anak berusia dibawah 12 tahun dan orang tua yang berusia diatas 70 tahun tidak diperbolehkan masuk mall.
  • Pengunjung yang belum vaksin wajib menunjukkan bukti negatif PCR ataupun antigen saat akan berkunjung ke mall.
  • Pengunjung yang berada dalam mall wajib menerapkan protocol kesehatan, mulai dari mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi di Mall?

Cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di mall umumnya mengandalkan fitur “Scan QR Code” yang terdapat di aplikasi tersebut.

Fitur ini nantinya akan menjadi penilaian petugas mall, untuk mengetahui apakah pengunjung yang datang boleh masuk atau tidak. Dan berikut ini, cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di mall:

1. Unduh dan akses aplikasi Peduli Lindungi di ponsel

Langkah pertama dari cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di mall adalah dengan mengakses aplikasi tersebut di ponsel kamu.

Jika belum memiliki aplikasi PeduliLindungi, maka kamu harus mengunduhnya terlebih dulu. Untuk pengunduhan dan registasi, kamu dapat mengikuti caranya di bawah ini:

  • Unduh aplikasi PeduliLindungi dan akses aplikasinya
  • Lakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor hp yang aktif atau alamat e-mail yang sebelumnya digunakan saat pendaftaran vaksinasi Covid-19.
  • Lengkapi data diri dan klik menu “Buat Akun”
  • Masukkan kode verifikasi sebanyak 6 digit yang dikirim ke e-mail atau nomor ponsel kamu
  • Setelahnya klik “Verifikasi” dan aktifkan lokasi kamu
  • Jika sudah, otomatis kamu akan masuk ke halaman utama PeduliLindungi
  • Lengkapi kembali seluruh data yang diminta pada menu “Akun” dan simpan

Setelahnya, kamu dapat langsung melihat beberapa menu yang tersedia di aplikasi PeduliLindungi, mulai dari menu “Scan QR Code”, “Pendaftaran Vaksin”, “Paspor Digital”, “Diari Perjalanan”, “Info Penting”, hingga “Teledokter”.

2. Scan QR Code

Selanjutnya yang dilakukan ketika mencoba cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di mall adalah dengan klik menu “Scan QR Code”. Menu ini berada di halaman utama aplikasi PeduliLindungi.

Jadi saat pertama kali mengaksesnya, otomatis kamu akan langsung masuk ke halaman tersebut. Menu “Scan QR Code” sendiri digunakan ketika kamu akan memasuki mall atau fasilitas umum lainnya.

Cara menggunakannya adalah dengan klik menu tersebut lalu arahkan kamera ponsel ke QR Code yang tersedia di pintu masuk mall.

(Baca Juga: 5 Fakta Donor Plasma Covid-19)

3. Tunjukkan hasil pemindai QR Code ke petugas

Langkah ketiga dari cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di mall setelah kamu berhasil memindai barcode adalah dengan menunjukkannya pada petugas mall.

Hasil pemindaian barcode tersebut nantinya muncul dalam tiga pilihan warna. Jika berwarna hijau, artinya kamu diperbolehkan untuk masuk ke mall karena telah mengikuti vaksinasi, ataupun bukan terdeteksi kasus maupun tidak kontak erat dengan pasien Covid-19.

Kemudian, jika barcode menunjukkan warna kuning, tandanya pengunjung belum melakukan vaksinasi dan bukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Pengunjung yang terdeteksi barcode kuning umumnya masih diperbolehkan masuk ke mall namun dengan tinjauan lebih lanjut dari petugas mall dan standar protokol kesehatan yang ketat.

Sementara jika hasil barcodenya merah, berarti pengunjung dilarang untuk masuk mall, sebab belum mengikuti program vaksinasi maupun terdeteksi positif Covid-19.

4. Tunjukkan bukti vaksinasi

Langkah keempat dari cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di mall yang wajib diketahui oleh kamu dan pembaca lainnya adalah dengan menunjukkan bukti vaksinasi.

Bukti vaksinasi ini minimal dosis pertama dan memang harus diperlihatkan saat kamu berada di fasilitas umum seperti mall dan di transportasi umum.

Untuk menunjukkan bukti vaksinasi, kamu dapat langsung masuk ke aplikasi PeduliLindungi dan pilih menu “Paspor Digital”. Di sana, akan langsung tertampil sertifikat vaksin, baik dosis satu ataupun lengkap.

Adapun cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di mall untuk menunjukkan bukti vaksinasi, berikut langkahnya:

  • Akses aplikasi PeduliLindungi
  • Pilih menu “Paspor Digital”
  • Terdapat dua sub-menu, yaitu “Sertifikat Vaksin” dan “Hasil Tes Covid-19”
  • Untuk menunjukkan bukti vaksinasi di mall ataupun fasilitas umum lainnya, kamu dapat memilih menu “Sertifikat Vaksin”.

Tambah Proteksi untuk Diri dan Keluarga dengan Asuransi Kesehatan

Nah, itu tadi informasi mengenai cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi di mall. Seperti yang dijelaskan tadi, untuk masuk ke fasilitas umum seperti mall, kamu wajib menunjukkan bukti vaksinasi yang tersedia di aplikasi PeduliLindungi tersebut.

Namun, aplikasi ini hanya digunakan untuk tracking saja. Jadi, meski kamu sudah memiliki aplikasinya dan telah mengikuti program vaksinasi, tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Akan lebih baik pula jika kamu memiliki proteksi tambahan seperti asuransi kesehatan. Dengan asuransi ini, kamu enggak perlu pusing memikirkan masalah biaya medis yang muncul, sebab akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Cakupan perlindungan yang diberikan juga sangat luas, bahkan beberapa diantaranya memberikan tambahan proteksi terhadap virus Corona.

Nah, jika kamu ingin membeli premi asuransi kesehatan namun masih bingung akan pilihannya, dapat langsung mengajukan di CekAja.com.

CekAja menyediakan beberapa produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi handal yang tentunya terdaftar dan diawasi OJK.

Pengajuan asuransi kesehatan di CekAja sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu memenuhi syarat yang diminta, kemudian ajukan secara online melalui website CekAja.com sendiri.

Bagaimana, tertarik untuk ajukan asuransi kesehatan? Jika iya, yuk langsung apply produk asuransinya sekarang juga hanya di CekAja.com.



source https://www.cekaja.com/info/cara-menggunakan-aplikasi-pedulilindungi-di-mall
×
Berita Terbaru Update
close